Sabtu, 13 September 2014

Speak English Fluently, Mboten Saged Basa Jawi





Lancar berbahasa inggris,tidak bisa bahasa Jawa. Begitulah arti dari judul post kali ini, hebat jika seseorang pandai berbahasa inggris namun memalukan jika tak bisa berbahasa daerah bahkan orang-orang Indonesia belum tentu bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar padahal bahasa Indonesia tidak serumit bahasa Inggris maupun bahasa daerah yang memerlukan tenses atau bahasa tingkatan yang lebih halus pada bahasa daerah. Padahal, saat ini semakin banyak bule yang fasih berbahasa Indonesia bahkan berbahasa Jawa sekalipun.


Perbedaan pengajaran bahasa Indonesia atau bahasa daerah dengan bahasa Inggris pun mempengaruhi kemampuan berbahasa khususnya kalangan pelajar Indonesia yang berbeda dari segi ejaan dan pola kalimat (S P O K).

Pada bahasa Inggris sudah dikenalkan berbagaimacam kosakata dan pola kalimat yang benar (tenses) sedangkan dalam bahasa Indonesia tidak ada pengenalan kosakata karena dianggap sudah menguasai padahal masih banyak kosakata yang belum dikenal bahkan orang dewasa pun belum tentu tahu. Ditambah lagi pola kalimat yang acak-acakan misalnya : “Bu Nia nya ada?” . Kalimat tersebut memang termasuk dalam kalimat tidak baku, tetapi mengapa ada kata “nya” di tengah kalimat yang menunjukkan kepemilikan ?


Maka dari itu, kita harus bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar,ya! Biar nggak kalah sama bule.. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar