Rabu, 10 September 2014

Lagu Wajib Hilang Entah Kemana

Memang tidak ada salahnya menyukai lagu barat, K-pop, rock ,reggae ataupun lagu-lagu yang lain, tetapi apakah kecintaan terhadap lagu-lagu tersebut mengharuskan untuk meninggalkan pelestarian lagu daerah, apalagi lagu wajib yang seolah-olah tergilas roda zaman ?


Karena ada akreditasi, murid pun bernyanyi. Seperti itulah yang terjadi yang baru-baru ini terjadi di sekolahku. Aku menanyakan beberapa lagu wajib misalnya gugur bunga dan lain-lain pada temanku namun banyak yang tidak tahu tentang lagu tersebut. Apakah harus menunggu musisi kreatif untuk mensosialisasikan lagu wajib ? Tentu saja tidak, hal-hal besar dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak mengeluh saat upacara yang mengharuskan kita untuk berpanas-panasan, tidak boleh ramai, datang lebih pagi sampai tangan pegal untuk menghormati sang merah putih.

Apa gunanya lagu wajib ?

Mencintai sesuatu berarti harus mencintai seluruh bagiannya juga. Lagu wajib menandakan seberapa besar rasa nasionalisme kita, rasa cinta kita pada Indonesia karena lagu wajib merupakan bagian dari Indonesia. Minimal kita tahu lagu-lagu nasional kita.

Jika lagu wajib saja tidak tahu, apakah kita sudah bisa dibilang bahwa kita mencintai Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar